logo

logo
gunadarma

Minggu, 08 Januari 2012

tugas softskill (ekonomi koperasi) BAB 11



(Peranan Koperasi di Berbagai Keadaan Persaingan)
1.Di Pasar Persaingan Sempurna
- Adanya penjual dan pembeli yang sangat  banyak
- Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
- Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
- Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna

2.Di Pasar Monopolistik
Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk  yang beragam
1. Produk yang dihasilkan tidak homogen
2. Ada produk substitusinya
     3. Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
     4. Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi
5. berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
     6. gambar

3.Di Pasar Monopsoni

Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau  menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar. Salah satu contoh monopsoni juga adalah penjualan perangkat kereta api di Indonesia. Perusahaan Kereta Api di Indonesia hanya ada satu yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya akan dibeli oleh KAI.

Apabila seorang pengusaha membeli suatu factor produksi secara bersaing sempurna dengan pengusaha lain,maka ia secara perorangan tidak bisa mempengaruhi harga dari factor produksi itu.
Monopsoni adalah kebalikan dari monopoli, yaitu di mana hanya terdapat satu pembeli saja yang membeli produk yang dihasilkan


4.Di Pasar Oligopoli
 
 Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga

Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, 
membedakan mutu dan bentuk produk
• Penawaran Harga yang bersifat Predator
• Price Leadership :
- Price Leadership oleh Perusahaan dengan Biaya Terendah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar